BERTERNAK JENIS KEGIATAN MENABUNG KELUARGA DI DESA

Mandalahuripnews, (29/10), Menggembala adalah sebagai salah satu aktivitas cara memberi pakan ternak, (foto: bey narayana)

Menurut berbagi sumber, sejarah domba yg kita kenal sekarang merupakan hasil dometikasi manusia yg sejarahnya diturunkan dari 3 jenis domba liar, yaitu Mouflon (Ovis musimon) yang berasal dari Eropa Selatan & Asia Kecil, Argali (Ovis amon) berasal dari Asia Tenggara, Urial (Ovis vignei) yg berasal dari Asia. Di Indonesia ternak domba kebanyakan hanya diambil dagingnya. Hanya di beberapa daerah saja dikembangkan ternak domba yang diambil bulunya (wool) dan saluran pasar untuk wool masih terbatas dan iklim kita kurang cocok untuk mengembangkan produksi wool.

Sementara di Desa Mandalahurip kegiatan berternak/memelihara hewan seperti domba, kambing dan sapi menjadi salah satu jenis kegiatan menabung keluarga dan hasilnya bisa dijadikan untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan keluarga jangka panjang, misalnya untuk biaya sekolah, biaya kesehatan, pembangunan tempat tinggal, dan pembelian alat kebutuhan rumah tangga lainnya.

“da lamun abi te kukatkukut sato seperti domba, embe atawa sapi, terus kangge biaya-biaya anu ageung kabutuhan keluarga moal kacukupan”, ujar Surja, (48), salah satu warga kedusunan mekarhurip.
“tiasa ngagaleuh sepertos kendaraan sareng ngabangun bumi oge hasil ngical ingon-ingon”, tambahnya.

Memang tidak bisi di pungkiri kalau beternak domba, kambing dan sapi itu memerlukan tenaga yang ekstra terutama dalam mencari pakan dan perawatan.
Ada pula berbagai kendala yang masih dihadapi masyarakat umumnya:
1. Keterbatasan informasi
2. Faktor sumberdaya manusia (SDM)
3. Faktor keamanan, dan
4. Faktor modal.

Facebook Comments
About mandalahurip 43 Articles

Mandalahurip adalah sebuah nama pemerintahan desa yang terletak di Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.