Sungai Ciwulan dimanfaatkan sebagai sarana pemancingan dan tempat rekreasi sederhana warga

Sungai Ciwulan sarana pemancingan dan tempat rekreasi sederhana warga, (foto: bey)

Mandalahuripnews – Disebelah selatan desa mandalahurip terdapat sebuah sungai bernama sungai Ciwulan yang menjadi batas Desa Mandalahurip dengan Desa Cisempur dan sekaligus menjadi batas Kecamatan Jatiwaras dengan Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Aliran sungai ini, di kecamatan jatiwaras melintasi 5 (lima) desa yaitu Desa Papayan, Ciwarak, Kersagalih, Mandalamekar, dan Mandalahurip.

Adapun aliran sungai yang melintas diwilayah selatan Desa Mandalahurip ini mempunyai panjang kurang lebih 10 km dan pada umumnya warga masyarakat sekitar hanya memanfaatkannya sebagai sarana pemancingan dan tempat rekreasi sederhana.

Salah satunya seorang warga , (Eep), (48), warga dusun mekarhurip ditemui disaat memancing, (06/12), kegiatan memancing ini dilakukan bukanlah mencari ikan atau hobby semata tetapi sekaligus tempat hiburan dan melepas lelah setelah melakukan aktivitas.

“mudah-mudahan kedepan, segi pemanfaatannya bisa lebih maksimal, seperti menjadi sumber air saluran irigasi”, tambahannya.

Facebook Comments
About mandalahurip 45 Articles
Mandalahurip adalah sebuah nama pemerintahan desa yang terletak di Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.