Kegiatan Istighosah dan Pagelaran Lingkungan Seni Karang Taruna Desa Mandalahurip 2017

Mandalahurip.desa.id

Ahad malam (31/12/17), sebuah acara akbar diselenggarakan di Lapangan Desa Mandalahurip. Acara ini bernama “Pagelaran Lingkungan Seni Karang Taruna Desa Mandalahurip 2017” yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Mandalahurip. Dengan menyuguhkan berbagai macam kesenian. “Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut pergantian tahun 2018, sekaligus sebagai ajang untuk menampilkan keterampilan berbagai kesenian dari masyarakat.” tegas Asep Aceng Kurnia, Ketua Pelaksana pada pembukaan mengenai tujuan diselenggarakan acara ini.

Sebelum kegiatan pagelaran ini dimulai, terlebih dahulu diadakan kegiatan Istighosah yang dipimpin oleh MUI Desa Mandalahurip dengan tujuan meminta pertolongan kepada Alloh SWT, agar dihilangkan atau terlepas dari bala bencana.

Allah Ta’ala berfirman,

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

وَلَا تَدْعُ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَنْفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ فَإِنْ فَعَلْتَ فَإِنَّكَ إِذًا مِنَ الظَّالِمِينَ (106) وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ يُصِيبُ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَهُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (107)

“Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfaat dan tidak (pula) memberi mudharat kepadamu selain Allah; sebab jika kamu berbuat (yang demikian), itu, maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang zalim”. Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurniaNya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus: 106-107).

Pagelaran Seni ini diisi dengan pementasan-pementasan dari tiap dusun dan Komunitas Budaya Mandala Sekar. Diantaranya, Calung, Reog/Dogdog, Seni Gondang dan berbagai kegiatan seni lainnya.

Setiap pementasan, seluruh pelaku/pemain kesenian menampilkan performa terbaik mereka di Panggung Pagelaran, sehingga seluruh penonton merasa sangat terhibur dan mengapresiasi kegiatan ini.

Facebook Comments
Posted in Agama, Kabar Desa, Seni dan Kebudayaan.