Usaha budidaya ayam petelur BUMDesa diharapkan bisa menambah penghasilan pendapatan asli desa

Mandalahuripnews  Setelah lama merencanakan, Badan Usaha Milik Desa  (BUMDes) Mandalahurip,  terus berupaya meningkatkan kapasitas kepengurusan dan kelembagaannya. Salah satunya rencana usaha budidaya ayam petelur. Rencana usaha BUMDes ini mencakup kriteria persyaratan bisnis secara umum, antara lain aspek keuangan, aspek pemasaran , aspek produksi, aspek penyediaan sarana prasarana, aspek HSSE, aspek administrasi, aspek personalia, aspek regulasi.

Menurut penyampaian Kepala Desa, Siti Zainab, ,di ruang kerjanya, (04/06), ”Bumdes tersebut bisa menjadi usaha yang kami prioritaskan untuk kedepanya,dan bisa menjadi penghasil usaha yang menjanjikan,selain dari pada itu bisa menambah penghasilan masyarakat kita, juga mengurangi angka pengangguran, dan Pihak Pemdes Mandalahurip sendiri  menyediakan tanah kas desa  untuk lokasi kandang ayam sebagai bentuk penyertaan modal BUMDesa”.

Ayam yang di pelihara sementara masih seputar ayam petelur (jenis ayam arabika) yang  di kelola sebanyak 1.100 ekor.
“Sumber Dana sebagai penunjang eksistensi peternakan yang di kelola berasal dari  Dana Desa (DD) 2017, atau sebesar Rp.200.000.000,-(dua ratus juta rupiah), “harapan saya semoga dapat menghasilkan juga meningkatkan Pendapatan Asli Desa(PADes) sesuai peraturan yang telah di buat oleh pemerintah,”paparnya pengurus Bumdes, Tutus Suryadi, dengan nada antusias.
Facebook Comments
Posted in Potensi Desa.