Berangkat dari desa terpencil, Calung Go Internasional.

Mandalahurip adalah sebuah nama desa terpencil yang teretak di perbatasan Kecamatan Jatiwaras, yang secara geografis berbatasan dengan Kecamatan Cibalong dan Cikatomas. Desa Mandalahurip juga termasuk salah satu anggota Pancamandala yang akhir akhir ini menjadi viral setelah dikunjungi oleh 2 Menteri sekaligus, bangga rasanya ketika orang-orang penting se-kelas Mentri bisa berkunjung ke kawasan Desa kami.
Tentunya suatu kebanggan tersendiri bagi seluruh lapisan Masyarakat Desa Mandalahurip, karena sekarang desanya sudah diakui oleh nasional lewat Pancamandala dan Lembaga Swadaya Masyarakat BP2DK. Masyarakat juga merasa bangga karena sekarang mereka bisa ikut andil secara langsung didalamnya.
Namun ada yang lebih masyarakat desa banggakan yaitu ketika salah satu komunitas pecinta seni di desa kami “Mandala sekar” namanya, bisa tampl sekaligus mejadi guesstar pada acara peresmian desa dan kawasan yang kebetulan disaksikan langsung oleh Mentri Perhubungan dan Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimgrasi. tentunya momen ini menjadi salah satu momen terbaik desa kami. Siapa sangka calung yang biasanya bermain dari panggung hajatan warga desa bisa disaksikan langsung oleh pak mentri. Komunitas seni musik tradisional ini di ketuai oleh Bapak Ade sopandi yang beranggotakan kang Usep, Kang Asep, Kang Rohman dan Ibu Iim. Komunitas ini didirikan atas kecitaan warga kepada seni musik tradisional berupa Calung, awalnya komunitas ini latihan dengan alat seadanya kemudian mereka berinsiatif untuk melakukan pengadaan alat dengan menggunakan uang mereka seadanya. Alhamdulillah pada tahun 2016 berkat kerja keras grup seni calung beserta pemeritah dan para penggiat seni Desa Mandalahrip lainnya akhirnya grup mandalasekar mendapatkan bantuan dari KEMENDIKBUD berupa subsidi pengadaan alat dan sampai sekarang bantuan dari pemerintah tersebut sangat bermafaat dan sering digunakan manggung. Harapannya mudah-mudahan pemerintah bisa bekerja sama mensupport kesenian tradisional calung, hingga nantinya kesenian calung bisa Go Internasional.

Facebook Comments

mandalahurip

Mandalahurip adalah sebuah nama pemerintahan desa yang terletak di Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Mungkin Anda juga menyukai