Sosialisasi dari Kepala Dinas BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kabupaten Tasikmalaya di Pancamandala

Mandalahuripnews. (30/10/18). Dalam rangka pelatihan pengelolaan sistem informasi desa se-kabupaten tasikmalaya gelombang 3 tahap 2 ( 29/10/18 sampai dengan 31/10/18) yang bertempat di Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Pada kesempatan ini alhamdulillah kedatangan tamu dari Kepala dinas BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kabupaten Tasikmalaya Bapak H. Wawan R Effendy. Mantan Kepala Dinas DPMDPAKB ( Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana ), dalam kesempatan ini beliau memberikan pemaparan dipagi hari tentang pentingnya bagi pandu desa mengetahui cara Penanggulangan Bencana, serta sosialisasi tentang BUMDESA ( Badan Usaha Milik Desa ).

penyampaian materi Kepala dinas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Tasikmalaya.

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan/atau faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. Oleh karena itu sangat penting bagi setiap individu apalagi yang secara posisi/letak geografisnya rawan terjadi bencana, jika di kabupaten tasikmalaya mungkin daerah salawu cipatujah. tetapi tidak menutup kemungkinan daerah lain juga harus waspada terhadap bencana yang mungkin akan terjadi, dengan demikian Dinas BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) bekerjasama dengan pemeritah kabupaten tasikmalaya beserta seluruh elemen yang terkait melaksanakan kegiatan pelatihan mitigasi bencana di daerah Cipatujah Dengan tujuan agar masyarakat bisa memperiapkan diri apabila hal yang tidak diinginkan terjadi.

Selain menyampaikan tentang penanggulangan bencana beliau juga memberikan materi mengenai BUMDESA (Badan Usaha Milik Desa). Beliau juga memberikan intuksi agar pandu desa khususnya ikut partisipasi aktif dalam proses pemberdayaan BUMDESA, serta beliau juga menekakankan agar pandu desa bisa bergerak aktif kepada masarakat dan  bisa memunculkan ide ide baru yang positif sehingga hasilnya masyarakat desa bisa lebih kreatif dan inovatif.

Facebook Comments
Posted in Kabar Desa and tagged , , , , , , , , .