Tentang Curug Sawer dan Surga yang tersembunyi

Mandalahuripnews (02/11/18). Jika  berbicara mengenai liburan tentunya kita akan disuguhkan dengan berbagai objek wisata sebagai tujuan destinasi untuk berlibur, ada baiknya menjelang hari libur kita sudah membuat perencanaan atau tujuan kemanakah kita akan berlibur kali ini yang akan dikunjungi Bersama rekan, sahabat, maupun Bersama keluarga. Bargi warga Jawa Barat khususnya daerah Tasikmalaya ada satu objek wisata yang masih terbilang sangat tradisional dan belum terjamah oleh banyak orang, serta jaraknya masih terbilang dekat.

Jika selama ini di Tasikmalaya kita hanya mengenal curug Ciparay, Curug Badak, Curug Cimedang, Curug Curug Rindang dan masih banyak curug lainnya, maka coba lebih di explore lagi Kabupaten Tasikmalaya  untuk mengunjungi keunikan air terjun lainnya. Curug Sawer adalah salah satunya.

Air terjun ini berada di Kampung Ciomas, Desa Mandalahurip, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Curug yang berasal dari aliran sungai Cibaregbeg ini menyuguhkan suatu keindahan bak surga yang tersembunyi, selain itu simfoni alam yang amat indah dan spektakuler sehingga tidak bias diungkapkan dengan sebuah kata-kata.

Disebut Curug Sawer, karena  air terjun yang dihasilkan itu menyebar seperti gerimis dalam istilah sunda disebut “nyawer” ketika kita berada disekitaran air terjun tersebut. konon katanya apabila ada orang yang pertama kali berkunjung kesana ketika ia pulang maka akan terjadi hujan, namun itu masih menjadi hal yang tersembunyi dan menjadi misteri, tapi apakah realitanya seperti itu ? untuk lebih jelasnya coba saja untuk berkunjung ke Curug Sawer.

Dikelilingi oleh hamparan sawah yang luas serta panorama alam yang masih natural menambah keindahan dan keasrian Curug sawer ini, di sekitaran curug ada sebuah tebing batuan yang  indah dan unik, seperti diukir oleh manusia. Sehingga tidak jarang selain untuk bermain air banyak juga pengunjung yang dating kesana untuk berfoto memanfaatkan keindahan alam yang tersaji di Curug Sawer ini.

Gambaran keindahan alam di Curug Sawer

Disana terdapat pula sebuah spot untuk berfoto yang cukup eksotik, yaitu berdiri dibelakang air yang mengalir dari atas tebing, namun untuk sampai kesana kita harus melewati sebuah rintangan batuan yang mengandung tumbuhan hijau yang menempel pada batu istilah orang sunda bilang “lukut” yang dimana sifatnya licin sehingga mewajibkan kepada siapa saja yang hendak melewatinya untuk berhati-hati, karena salah sedikit saja kita bias terpleset dan jatuh. Namun demikian untuk mendapatkan sebuah hasil potret yang bagus tidak jarang wisatawan yang tetap  berusaha  untuk bias mencapai spot tersebut. Selain spot yang tadi ada satu lagi spot yang bias dikategorikan favorit karena sering juga dipakai untuk berfoto, tempat ini berada tepat di depan air terjun tersebut bias disebut juga batu “mahpar” istilah sunda,  karena posisi batunya yang datar  biasanya pengambilan gambar  pada spot ini dilakukan dari jarak jauh sehingga backgroundnya tampak jelas air terjun.

Gambar seorang wisatawan yang sedang asik melakukan pengambilan gambar

Untuk menuju Curug Sawer, kita dapat melewati perkampungan warga tepatnya daerah Tajur ( Salah satu daerah Kedusunan Ciomas). Setelah itu kita berjalan sekitar 15-20 menit melewati hamparan sawah  menuju surga tersembunyi ini.

Jika berangkat dari Bandung ambil arah ke-Tasikmalaya, setelah sampai ke Tasikmalaya cari jalur yang mengarah ke-Salopa/Cikatomas, dipersimpangan jalan daerah Jatiwaras belok kanan ke arah desa Ciwarak atau disebut juga simpangan Gintung, kemudian ikut jalan kurang lebih 10 kilometer atau bias juga menggunakan google maps dengan tujuan Desa Mandalahurip.

Begitu sampai di Desa Mandalahurip, kita masih harus menuju kampung Ciomas dengan melewati perkebunan, sawah dan rumah warga. Baru setelah sampai di daerah Tajur kita bisa melanjutkan destinasi dengan berjalan. Untuk harga tiket masuk air terjun Curug Sawer ini, cukup membayar sewajarnya karena tidak dikenakan biaya/tarif tetap karena warga masih melakukan pembenahan.

Facebook Comments