Pelaksanaan Imunisasi ORI Difteri di Desa Mandalahurip

Mandalahurip.desa.id – (17/11). Puskesmas Jatiwaras telah melaksanakan pekan imunisasi Outbreak Response Immunization (ORI Difteri) tahap ke 2 (dua) di wilayah Desa Mandalahurip dari tanggal 22-27 Oktober 2018.

Petugas kesehatan Desa Mandalahurip, (Iman Nurul Haq),  yang sekaligus menjadi koordinator pelaksana mengatakan, kegiatan ini sangat efektif untuk mencegah dan memutuskan penularan penyakit difteri.

Beliau, Iman Nurul Haq, juga menambahkan untuk pelaksanaannya dilakukan ditiap-tiap PAUD, SD dan Posyandu yang ada diwilayah Desa Mandalahurip.

“allhamdulillah, pelaksanaan imunisasi berjalan lancar dan tanpa ada halangan, anak-anak antusias dengan mengikuti kegiatan ini,” ucapnya saat ditemui di SD Sukasenang Desa Mandalahurip, 22/10/2018.

ORI adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya memutuskan transmisi penularan penyakit difteri pada anak usia 1 tahun sampai dengan 19 tahun yang tinggal di daerah kejadian luar biasa (KLB) tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Penyakit Difteri disebabkan infeksi bakteri Corynebacterium Diptheriae yang dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti sumbatan saluran nafas serta peradangan pada otot jantung bahkan kematian.

Ingat ORI Difteri Ada 3 Putaran

 

Facebook Comments
Posted in Majalah Desa and tagged , , , .