Pengabdian dan ketulusan hati dapat menentukan dalam memimpin, untuk dijadikan sebagai solusi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan

Mandalahurip.desa.id

Menjadi pemimpin berarti menjadi seseorang yang memiliki tanggung jawab lebih dalam hidup.

Manusia adalah makhluk sosial yang menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan menjadi pemimpin bagi orang lain. Kecerdasan adalah titik tentu yang idealnya harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kecerdasan merupakan point utama yang menentukan seberapa baik langkah yang diambil oleh seorang pemimpin jika dihadapkan oleh suatu masalah.

Mencari figur atau sosok seorang pemimpin, bukanlah persoalan yang mudah. Ketegasan, keramahan dan kewibawaan memang sangat diperlukan. Apalagi di suatu lingkungan atau sebuah perkampungan yang penuh dengan keragaman dan keunikan.

Dari sinilah semua berharap agar figur atau sosok yang bisa menjadi pemimpin suatu daerah adalah orang yang benar-benar mau dengan sepenuh hati serta ikhlas menerima posisinya sebagai bagian dari solusi masyarakat.
Pengabdian dan ketulusan hati juga menentukan, karena terkadang pemimpin diperlukan untuk dijadikan sebagai solusi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan.

Dari pemikiran inilah, menurut salah satu Ketua Rukun Warga (RW) Dusun Mekarhurip Desa Mandalahurip Kecamatan Jatiwaras, Mamat Sudarmat, menangkap betapa besarnya keinginan dan harapan semua warga masyarakat untuk menjadikan suatu kedusunan atau desa yang aman, guyub, yang bisa saling tolong menolong, saling menghargai serta saling memahami satu sama lain dalam kehidupannya masing-masing.

Dengan pemahaman yang demikian, maka dibutuhkan dukungan dari semua elemen warga masyarakat yang bertekad menjadi bagian yang bisa melahirkan sosok figur pemimpin yang diharapkan kemampuannya dalam mengelola lingkungan.

Facebook Comments