Pemdes Dorong Peningkatan Mutu DKM, Lakukan Pembinaan Tingkat Desa

MANDALAHURIPNEWS – Sejumlah upaya dilakukan Pemerintah Desa Mandalahurip Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya untuk meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu.

Salah satunya dengan melaksanakan pembinaan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) tingkat desa, yang digelar di Aula Desa, Selasa, 10/09/19.

Peserta Pembinaan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) tingkat Desa Mandalahurip Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, Selasa, 10/09/19.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, Jaenudin, S.Ag, menjelaskan, Pembinaan ini bertujuan guna meningkatkan mutu dan penguatan pemahaman tentang pengelolaan DKM yang lebih baik, guna menciptakan suasana lingkungan lebih harmonis dan beradab.

“Pembinaan ini dilaksanakan pemerintah desa mandalahurip merupakan perwujudan kepedulian pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik. Keberhasilannya sangat bergantung pada praktik pelaksanaan di lapangan,” ungkap Sekretaris Desa Mandalahurip, Herman Nasruddin.

Keberlangsungan kemajuan DKM, lanjut Herman, membutuhkan pemahaman mendalam dari seluruh pihak yang berkepentingan. Diantaranya adalah untuk memahami konsep dan strategis penguatan, pembelajaran.

“Banyak bagian-bagian yang harus dipahami DKM oleh seluruh pengurus untuk meningkatkan mutu. Tidak hanya pada bidang agama. Namun juga pada bidang-bidang lainnya,” imbuhnya.

Pemahaman akan peningkatan mutu DKM, tak terlepas dari pengurus. Dalam hal ini, Pemdes Mandalahurip terus berupaya mengoptimalkan pendampingan pembinaan mutu DKM melalui pembinaan.

“Yang tak kalah penting adalah penguasaan sistem manajemen. Sehingga mereka akan mampu mengelola, pelaporan kegiatan dan keuangan dengan penyusunan program, RAB maupun pelaksanaan MoU sesuai prosedur yang telah ditetapkan,” pungkasnya. (bey)

Facebook Comments