Penghijauan Untuk Selamatkan Sumber Mata Air

Mandalahurip.desa.id

Aksi kepedulian lingkungan terus digalakkan. Tidak hanya di instansi pemerintahan, organisasi kemasyarakatanpun juga ikut berpartisifasi dan bergerak melakukan pelestarian penghijauan untuk selamatkan lingkungan.

Seperti yang sedang dilaksanakan Kelompok Tani Sangkan Hurip (Sangkur). Ini dilakukan guna bentuk kepedulian menjaga perlindungan sumber mata air yang ada di wilayah Desa Mandalahurip.

Kegiatan ini berlokasi di tanah kas desa (Pangangonan), tepatnya di wilayah Kedusunan Mekarhurip, Desa Mandalahurip, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk tahun ini, Kelompok Tani Sangkur berupaya focus membantu pemerintah desa dalam menjaga pelestarian tanaman Picung/kluwek. Hal tersebut dilakukan karena kesadaran Kelompok Tani Sangkur akan pentingnya pelestarian sumber mata air dan berperan dalam perlindungan hutan lindung.

Kegiatan Pemeliharaan Tanaman Picung/Kluwek, Sabtu (28/12). [Foto: doc. sangkur]

Langkah kepedulian lingkungan itu juga sebagai bagian dari komitmen jangka panjang Kelompok Tani Sangkur dalam mitigasi perubahan iklim global. Kegiatan ini selalu rutin dilakukan Kelompok Tani Sangkur setiap satu minggu satu kali yang dipimpin langsung oleh Ketua Kelompok Tani Sangkur, Abdul Kadir.

Sekdes Madalahurip, Herman Nasruddin, menyampaikan Pemerintah Desa sangat menyambut baik langkah kegiatan Kelompok Tani Sangkur.

“Kami berharap kegiatan Poktan Sangkur ini terus berkelanjutan dan kelompok ini menjadi pelopor dalam menjaga lingkungan di wilayah Desa Mandalahurip. Dalam upaya menjaga perlindungan sumber mata air dengan penanaman tanaman Picung/Kluwek ini Pemerintah Desa Mandalahurip mengalokasikan dana dari Dana Desa (DD), dengan jumlah 1.000 batang yang tersebar di 5 Hektar tanah kas desa” tuturnya, Sabtu (28/12).

Inisiatif kegiatan ini juga didukung oleh Anggota Kelompok Tani Siaga Bersama Dusun Mekarwangi, Desa Mandalahurip, Kecamatan Jatiwaras dan pegiat-pegiat lingkungan Desa Mandalahurip lainnya. (bey).