Pemerintah Desa Terus Berupaya Mendorong Pegiat Lingkungan Dalam Pemeliharaan Tanaman Picung serta Pelestarikan Hutan Lindung Sumber Mata Air

Mandalahuripnews

Pemerintah desa mandalahurip terus mendorong kegiatan para pegiat lingkungan dalam upaya menjaga dan pemeliharaan tanaman Picung/Kluwek serta melestarikan kawasan sumber mata air. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar semua tanaman yang baru ditanam tetap terjaga pertumbuhannnya dari jenis gangguan atau hama.
Upaya menjaga dan pemeliharaan rutinitas dilaksanakan tiap 1 (satu) minggu sekali tepatnya setiap hari sabtu.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan diantaranya :
1. Melaksanakan pemeliharaan tanaman
2. Pengontrolan pertumbuhan dan perkembangan tanaman
3. Penanaman kembali bila ada tanaman yang rusak atau mati
4. Pemupukan
5. Mendata dan melaksanakan pemetaan lokasi hutan, dan
6. Sosialisai

Hutan merupakan warisan alam yang memiliki nilai strategis bagi kehidupan makhluk di bumi ini. Keberadaannya menjadi bagian integral dari kelangsungan mahluk hidup itu sendiri, termasuk pula manusia di dalamnya.

Salah satu unsur lingkungan hidup yang langsung berkaitan dengan dengan kehidupan penduduk adalah sumber daya hutan. Hutan adalah kekayaan alam yang dikuasai oleh negara sesuai pasal 33 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Indonesia merupakan salah satu wilayah yang kaya memiliki sumberdaya hutan yang luas. Selain luasnya, hutan Indonesia juga merupakan hutan tropis yang memiliki potensi kayu serta kekayaan hayati yang tinggi.

Adapun yang jadi salah satu faktor yang menjadi kendala masyarakat dalam berpartisipasi perlindungan hutan diantaranya adalah kurangnya pemahaman. Hutan juga merupakan tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Hutan juga merupakan penyeimbang alam dan paru-paru dunia. (bey)